Ganjar Yakin RI Jadi Negara Maju, Bicara Digitalisasi Pemerintahan

Berita, Pemilu 2024, Politik6145 Dilihat
banner 468x60

Arusberita.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yakin Republik Indonesia (RI) bisa menjadi negara maju. Menurut dia, semua pihak harus berkomitmen membangun Indonesia tanpa membeda-bedakan apapun.

“Apakah Indonesia akan menjadi negara maju seperti yang diprediksikan banyak orang? Saya jawab, iya. Kuncinya, kita harus bersatu, berkomitmen bersama untuk membangun Indonesia tanpa membedakan apapun. Pancasila jadi pegangan kita,” kata Ganjar di acara temu kebangsaan ‘Merawat Keberagaman Indonesia; Membentuk Pemimpin Nasional yang Bernyali Tanpa Membenci’ di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Selasa (22/8).

banner 336x280

Menurut Ganjar, selama 10 tahun terakhir Indonesia telah menunjukkan kemajuan luar biasa. Ganjar berpendapat dan yakin beberapa indikator RI sebagai negara maju sudah terlihat.

Bakal Calon Presiden dari PDIP itu mencontohkan rasio elektrifikasi rumah tangga yang naik dari 76,0 persen di tahun 2012 menjadi 99,0 persen pada 2022. Kemudian, Indonesia juga semakin sehat dengan cakupan jaminan sosial mencapai 87,0 persen pada 2021.

Ia menambahkan, masyarakat Indonesia juga lebih pintar dengan tingkat kelulusan SMA yang naik semula 57,4 persen pada 2016 menjadi 66,1 persen di 2022. Sedangkan PDB per kapita naik dari 33,0 di tahun 2012 menjadi 71,0 di 2022

Ganjar menyebut itu adalah bukti bahwa Indonesia sudah berada di jalur yang tepat. Karena itu, kata dia, bukan hal sulit menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2050.

“Kuncinya satu, cepat. Situasi geopolitik dan bonus demografi harus benar-benar kita optimalkan. Dan itu harus cepat,” ucapnya.

Ganjar pun punya tiga gagasan memajukan Indonesia. Pertama, kata dia, melipatgandakan APBN demi mewujudkan pelayanan berkualitas.

“Banyak potensi pendapatan negara kita yang belum dioptimalkan. Kita harus genjot itu agar APBN naik berkali lipat. Misalnya bagaimana kita mengoptimalisasi hibah luar negeri, optimalisasi penerimaan pajak dan bukan pajak, serta kurangi kebocoran anggaran,” katanya.

Kedua, adalah digitalisasi pemerintahan untuk tata kelola lebih baik. Menurutnya, layanan pemerintah harus didigitalisasi agar lebih cepat, akurat, dan informatif.

Ketiga, pemberantasan korupsi untuk menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat. Ia menegaskan bahwa harus meningkatkan kualitas ASN dan lembaga-lembaga pemerintah.

“Pemerintah harus lebih transparan dan meritokrasi. Dan kita harus bergandengan tangan untuk mewujudkan itu,” ujar dia.

Dalam acara itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hadir. Relawan Komunitas Pilih Ganjar (Pijar) juga ada di lokasi.

Mereka mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar sebagai calon presiden 2024. Ketua Pijar, Nindyo Pramono, menyebut Barisan Ibu-ibu Pendukung Ganjar Pranowo (Binar) dan Pemuda Nasional Deklarasi Ganjar Pranowo (Pendekar) mendukung penuh komunitasnya.

Ia mengklaim Pijar sebagai kelompok pendukung Ganjar dari komunitas intelektual dan cendekiawan, termasuk para guru besar dari berbagai kampus Indonesia.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

459 komentar

  1. I have not checked in here for a while since I thought it was getting boring, but the last few posts are great quality so I guess I’ll add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend 🙂

  2. FitSpresso is a natural weight loss supplement that will help you maintain healthy body weight without having to deprive your body of your favorite food or take up exhausting workout routines.

  3. Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. It extremely helps make reading your blog significantly easier.