Kemenag Sebut Isu Politik Identitas Pemilu Berhasil Diminimalisir

Ideologi, Nasional116 Dilihat
banner 468x60

Arusberita.id – Kementerian Agama (Kemenag) RI mengklaim tidak ada isu politik identitas yang muncul pada Pemilu 2024. Alhasil, pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini berjalan lancar tanpa ada perpecahan akibat perbedaan pandangan.

“Saya kira residu atau perpecahan akibat perbedaan dan politik identitas pada pesta demokrasi kali ini sangat kecil. Pada tahun ini saya lihat baik baik saja, tidak ada yang signifikan dalam menggunakan identitas keagamaan,” ujar Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo saat ditemui di Jakarta, Senin (4/3/2024).

banner 336x280

Menurut Wibowo, gesekan akibat politik identitas sudah berhasil diminimalisir. Hal ini tidak terlepas dari konsep moderasi beragama yang sudah melekat dengan kehidupan masyarakat.

Di samping itu, Wibowo menilai bahwa imbauan untuk tidak menggunakan politik identitas tersampaikan ke masyarakat. Pesan agar penceramah menyebarkan kedamaian selama Pemilu 2024 juga dijalankan.

“Imbauan yang disampaikan menjaga kedamaian saat pemilu saya rasa mengena di masyarakat. Buktinya tidak ada satu pun yang perlu dikhawatirkan, dan saya rasa semuanya masih dalam batas normal,” ungkap Wibowo.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Amien Suyitno mengatakan, kondisi Pemilu 2024 sudah jauh berbeda dengan 2019. Sebab, pesta demokrasi kali ini betul-betul tak muncul politik identitas yang menimbulkan perpecahan.

“Suka tidak suka terbukti, tahun 2024 nyaris tidak ada satu pun politik identitas. Artinya, kondisi ini jauh berbeda dengan 2019,” kata Suyitno.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar