Ini Alasan Jokowi Bentuk Satgas Peningkatan Ekspor Nasional

Berita, Nasional547 Dilihat
banner 468x60

Arusberita.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meneken aturan baru terkait pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Ekspor Nasional.

Aturan yang dimaksud adalah Keputusan Presiden (Keppres) No.24/2023 tentang Satuan Tugas Peningkatan Ekspor Nasional. Aturan ini berlaku mulai 20 September 2023.

banner 336x280

Jokowi menuturkan, dalam rangka menjaga dan meningkatkan kinerja ekspor nasional serta memperkuat neraca perdagangan sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, maka diperlukan strategi yang adaptif, responsif, dan kolaboratif yang dilakukan secara terintegrasi oleh satgas khusus.

“Dengan Keputusan Presiden ini, dibentuk Satuan Tugas Peningkatan Ekspor Nasional, yang selanjutnya disebut Satgas Peningkatan Ekspor,” bunyi beleid tersebut, dikutip Selasa (26/9/2023).

Jokowi menjelaskan, satgas ini terdiri dari Tim Pengarah yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sedangkan susunan Tim Pelaksana keanggotaannya akan ditetapkan Airlangga selaku Ketua Tim Pengarah.

Kedua Tim tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Tim Pengarah di antaranya bertugas untuk menetapkan langkah strategis yang terintegrasi dan kolaboratif dalam rangka pelaksanaan kebijakan peningkatan ekspor yang telah dirumuskan.

Lalu, menetapkan langkah penyelesaian permasalahan strategis yang bersifat terobosan secara cepat dan tepat yang timbul dalam proses peningkatan ekspor, serta mengkoordinasikan kementerian/lembaga terkait, pemda, dan pelaku usaha atau asosiasi dalam rangka peningkatan ekspor.

Sementara itu, Tim Pelaksana di antaranya bertugas untuk melakukan pengembangan sumber daya dan industri ekspor termasuk peningkatan produktivitas dan daya saing, menetapkan strategi kerja sama perdagangan internasional melalui diplomasi, promosi, informasi produk.

Kemudian, pengembangan pasar ekspor dan menetapkan strategi peningkatan peran ekspor usaha mikro, kecil, dan menengah dengan mengintegrasikan ke dalam ekosistem penyedia ekspor nasional.

Adapun, biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan Satgas Peningkatan Ekspor dibebankan pada APBN dan sumber lain yang sah.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

128 komentar

  1. I like the valuable information you provide in your articles. I’ll bookmark your blog and check again here frequently. I’m quite sure I’ll learn lots of new stuff right here! Good luck for the next!

  2. You can definitely see your skills within the work you write. The sector hopes for more passionate writers like you who aren’t afraid to say how they believe. All the time follow your heart.

  3. Hi there! This post couldn’t be written any better! Reading through this post reminds me of my previous room mate! He always kept talking about this. I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read. Thank you for sharing!