Program BI Penukaran Uang Baru Serambi, Begini Syarat dan Pecahan yang Dapat Ditukar

banner 468x60

Arusberita.id – Bank Indonesia (BI) mengadakan program penukaran uang baru menjelang Ramadan dan mendekati Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

Program yang diberi nama Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) tersebut diselenggarakan untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan masyarakat akan Rupiah yang layak beredar selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN). Pada tahun 2024, BI telah menyiapkan uang senilai Rp197,6 triliun untuk beredar.

banner 336x280

Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh masyarakat sebelum melakukan penukaran uang. Selain itu, BI juga mendorong masyarakat untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu secara online melalui platform PINTAR BI.

Syarat Penukaran Uang Lebaran 2024:

  1. Penukaran hanya boleh dilaksanakan pada tanggal, tempat, dan waktu yang tercantum pada bukti pemesanan.
  2. Penukar diwajibkan untuk menunjukkan bukti pemesanan layanan penukaran kas keliling dalam format digital atau cetak.
  3. Penukar yang hendak menukarkan uang Rupiah melalui kas keliling harus membawa jumlah uang Rupiah sesuai dengan yang tertera pada bukti pemesanan.
  4. Uang Rupiah yang akan ditukarkan harus sudah dipisahkan menurut jenis pecahan dan tahun emisi, disusun secara berurutan, dan dibedakan antara uang yang masih layak edar dan yang tidak layak edar. Pengelompokkan atau penyatuan uang Rupiah tidak boleh menggunakan selotip, perekat, lakban, atau staples.
  5. Bank Indonesia akan memberikan penggantian kepada masyarakat yang menukar uang dengan nilai nominal yang sama dengan uang Rupiah yang ditukarkan. Penggantian bisa diberikan dalam bentuk uang Rupiah dengan pecahan dan tahun emisi yang sama atau berbeda.
  6. Penggantian uang Rupiah hanya akan dilakukan jika ciri keaslian uang tersebut masih dapat dikenali.
  7. Setelah tanggal yang tercantum pada bukti pemesanan, NIK-KTP tidak bisa digunakan untuk membuat pemesanan baru layanan penukaran kas keliling. NIK-KTP baru dapat digunakan untuk melakukan pemesanan kembali setelah tanggal yang tertera pada bukti pemesanan telah berlalu.

Bisa Tukar Uang Baru Hingga 4 Juta

Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakan baru terkait batas penukaran uang menjelang Lebaran 2024. Mulai dari tahun ini, batas penukaran uang baru ditingkatkan menjadi Rp 4 juta, sedangkan sebelumnya hanya Rp 3,8 juta.

“Kebijakan ini merupakan hasil evaluasi dan masukan dari masyarakat pada tahun sebelumnya,” ujar Marlison Hakim, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, di Kantor BI pada Jumat, 15 Maret 2024.

Marlison menjelaskan bahwa paket penukaran uang rupiah selama Ramadan hingga Idul Fitri 2024 memiliki variasi yang lebih luas. Tahun ini, penukaran mencakup pecahan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 50.000. Adapun rincian penukaran uang adalah sebagai berikut: untuk pecahan Rp 1.000, paket penukaran senilai Rp 100.000 atau setara dengan 100 lembar.

Kemudian untuk pecahan Rp 2.000, batas maksimalnya adalah 200 lembar atau senilai Rp 400.000. Selanjutnya, untuk pecahan Rp 5.000, batas maksimalnya adalah 100 lembar atau senilai Rp 500.000. Begitu pula untuk pecahan Rp 10.000, yang dapat ditukarkan maksimal 100 lembar atau senilai Rp 1 juta. Sedangkan untuk pecahan Rp 20.000 dan Rp 50.000, batas maksimal penukaran keduanya adalah senilai Rp 1 juta, dengan masing-masing 20 dan 50 lembar.

Sebaran Penukaran Uang Lebaran

Minimal, Bank Indonesia telah menyiapkan pelayanan penukaran melalui 449 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, sektor perbankan juga menyediakan layanan penukaran uang di 4.264 kantor cabang atau titik layanan di seluruh penjuru negeri.

Di Jawa bagian luar Jakarta, terdapat 1.128 titik layanan penukaran uang, sedangkan di Sumatera mencapai 792 titik. Kalimantan menyediakan 761 titik, dan wilayah Jabodetabek memiliki 600 titik layanan.

Di Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, terdapat 590 titik layanan, sementara di Bali dan Nusa Tenggara mencapai 393 titik.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

109 komentar

  1. I was wondering if you ever considered changing the layout of your website?

    Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better.
    Youve got an awful lot of text for only having 1 or two
    pictures. Maybe you could space it out better?

  2. I really love your website.. Very nice colors
    & theme. Did you build this website yourself? Please reply back as I’m attempting to create
    my own blog and would love to find out where you got this from or what the theme is named.
    Appreciate it!

  3. First of all I want to say fantastic blog! I had a quick question in which
    I’d like to ask if you do not mind. I was interested to know how you center yourself and clear your mind before writing.

    I’ve had a tough time clearing my mind in getting my thoughts out there.
    I truly do enjoy writing however it just
    seems like the first 10 to 15 minutes are usually wasted simply just trying to figure out how
    to begin. Any recommendations or hints? Cheers!

  4. First of all I want to say great blog! I had a quick question that I’d like to
    ask if you do not mind. I was interested to know how
    you center yourself and clear your mind prior to writing.
    I have had a tough time clearing my mind in getting my
    thoughts out there. I do enjoy writing but it just seems like the first 10 to 15
    minutes are generally lost simply just trying to figure
    out how to begin. Any suggestions or hints? Kudos!

  5. When I initially commented I seem to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on whenever a comment is added I get four emails
    with the exact same comment. Is there an easy method you are able to
    remove me from that service? Thanks!